TUGAS SOFTSKILL CARA KERJA DRONE

Cara kerja Drone

Cara kerja drone yang akan kita bahas ini adalah untuk drone yang di pasarkan untuk kalangan umum. Jadi mungkin ini akan berbeda jika cara pandang kita adalah drone untuk keperluan militer.

Drone yang sering kita lihat di beberapa tempat umum ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar dan lebih mirip seperti mainan anak-nak yaitu helicopter yang menggunakan remote. Sebenarnya memang mirip jika melihat cara kerja yang sederhana namun drone memiliki kerumitan dan harga yang jauh berbeda dari segi pembuatan.

Jika mainan anak-anak atau bagi kamu yang hobi aero medelling  menggunakan pesawat mini berbahan bakar bensin atau batrey yang lainnya di kendalikan menggunakan remote contol drone pun demikian. Bedanya drone menggunakan jarak radio yang lebih luas sekitar 2,4 GHz.

Selain itu drone dapat di control menggunakan smartphone karena drone memiliki chip komputer serupa arduino namun lebih kompleks. Chip ini membuat drone dapat mengolah gambar dari kamera yang terpasang padanya kemudian mengirimkan hasilnya ke smartphone yang digunakan sebagai control.

Seperti apa bentuknya jika di smartphone? mirip aplikasi dan memang aplikasi namun bawaan dari merek drone itu sendiri kecuali kamu merakitnya sendiri maka kamu harus mencari penyedia dari pihak ketiga atau membuat programnya sendiri.

Gambar yang di kirimkan oleh chip drone adalah real time dan kamu bisa mengatur resolusi sesuai spesifikasi dronne, mengarahkan kemana drone itu akan pergi belok kanan dan kiri seesuai dengan tampilan video yang dikirimkan. Cara mengendalikannya pun mirip saat kamu memeinkan game race pada gadget, kamu hanya perlu menggunakan telunjuk dan mengarahkan ke kiri atau kekanan. Kamu juga bisa mengatus apakah video atau foto yang akan kamu ambil.

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana dengan GPS?

Beberapa drone mahal delengkapi dengan chip GPS. Cara kerjanya adalah sebelum terbang harus di pastikan dapat sinyal GPS terlebih dahlu dan ada batas minimal sinyal yang didapatkan untuk drone bisa terbang.

 

Kenapa ada batas minimal?

Drone yang akan di terbangkan menggunakan GPS benar-benar tergantung dengan kekuatan sinyal GPS. Karena drone yang di terbangkan dengan GPS tidak terikat jarak antara pilot dengan drone, so dimanapun kamu berada drone akan tetap terbang sesuai perintah kamu.

Kok bisa?

Disitu ada perantara yaitu satelit GPS. Kamu mengirimkan data ke satelit dan satelit mengirimkan data ke drone. Itu kenapa sinyal harus kuat atau jika tidak drone kamu akan hilang selamanya bisa juga lost control. Ini adalah masalah besar dan itu sudah di pikirkan oleh para pencetus drone. Jika tidak, tentu drone tidak akan populer seperti sekarang.

Drone dengan kemampuan GPS sudah di wajibkan untuk dilakukan setting home base (tempat pulang ) melalui koordinat sesuai keinginan kamu. So… drone akan kembali ke rumah jika hilang kontak atau perhitungan batrey pada jarak tertentu tidak akan cukup untuk kembali ke koordinat rumah. Woow, cukup pintar.

Keuntungan lain dari GPS yang dimiliki bagi fotographer adalah kamu bisa menentukan auto fly dan record pada titik koordinat tertentu. Jadi kamu tidak perlu mengawasi drone dan kamu bisa berkonsentrasi untuk berpose dengan sempurna.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s